Sudah Saatnya Kah (?) Outing Kantor Tatap Muka - 3


Outing kantor dengan rombongan-rombongan jumlah kecil dan konsep experiential tourism adalah solusi untuk penyelenggaraan outing kantor selama pandemi masih berlangsung. baca artikel sebelumnya. Dua kerangka itu menjadi langkah bijak supaya outing kantor yang tengah dibutuhkan sebagai employee refreshment program bisa berjalan relevan dengan peraturan PPKM yang diberlakukan pemerintah. Kebutuhan refreshment bagi karyawan tetap bisa terakomodir tanpa mengabaikan aspek keamanan dan kesehatan.


Destinasi seperti apa yang cocok untuk dua kerangka diatas ? Prioritas pertimbangan tentunya dengan memperhatikan aspek setinggi apa potensi tingkat kerumunan yang bisa terjadi. Semakin rendah tingkat jumlah kunjungan orang didestinasi tersebut tentu akan lebih baik.


Desa wisata nampaknya layak kita intip sebagai destinasi outing kantor dimasa PPKM ini. Pertimbangannya jelas bahwa desa, pada umumnya, berada dilokasi yang relatif 'terpencil' sehingga memungkinkan rendahnya tingkat traffic dan lalu lalang wisatawan dibanding destinasi wisata buatan seperti theme park ataupun kebun binatang dan sejenisnya. Desa memiliki banyak ruang terbuka untuk berkegiatan sehingga relatif aman dari potensi penularan virus.


Umumnya desa wisata mengandalkan destinasi berbasis wisata alam yang menghadirkan kesegaran udara dan suasana yang menunjang program outing kantor supaya peserta outing kantor bisa memperoleh refreshing.

outing kantor

Sekuen program menjadi hal berikutnya yang mesti diperhatikan. Karena inilah media penyampai pesan dan muatan kegiatan seperti team building, kebersamaan dan sejenisnya. Seperti pembahasan sebelumnya, pendekatan experiential tourism sangat relevan untuk konsep outing kantor dimasa pandemi. Desa wisata memiliki khasanah kekayaan muatan lokal yang sangat kompatibel dengan experiential tourism. Dari aspek alam, budaya, aktifitas keseharian warga desa, produk UMKM lokal dan banyak hal lagi yang bisa diadopsi untuk jenis kegiatan yang kelak menghasilkan pengalaman baru bagi peserta outing. Dalam literatur experiential learning, nilai-nilai yang muncul dari pengalaman baru inilah yang akan menjadi 'oleh-oleh' bagi peserta outing kantor untuk meningkatkan performa kerja dihari-hari berikutnya.


Jenis-jenis kegiatan apa yang bisa dijadikan konsep outing kantor di desa wisata ? Sabar, kita akan membedahnya diartikel berikutnya



10 tampilan
Artikel Terkait