Training Seru Anti Boring!


Training

PT Perusahaan Pengelolaan Aset baru baru ini mengadakan kegiatan In-House Training di Bandung, pada 19-20 Agustus 2022 lalu. Kegiatan training ini dibungkus menggunakan metode experiental learning yang dapat membuat program training terasa interaktif & memancing minat belajar peserta training.


Sessi Training PPA ini mengupas tuntas terkait Assertive Communication & Interpersonal Skill. Peserta diajak untuk bisa memahami bagaimana pentingnya sebuah komunikasi yang asertif untuk bisa membangun relasi & kolaborasi yang baik dalam sebuah team.


Training

Training session dihari pertama diisi dengan Motivation Training yang dilakukan melalui pendekatan experiental learning. Sebagai permulaan, peserta dikenalkan dengan materi pelatihan yang dipandu oleh seorang fasilitator yang handal dibidangnya.


Sessi training ini begitu terasa partisipatif, pemateri selalu berupaya dalam mengajak tiap individu untuk bisa menyuarakan cerita & opini mereka terkait pekerjaannya, yang akhirnya dapat mendorong sebuah kesadaran terkait realitas team saat ini.


Training

Pemahaman terkait Assertive Communication & Interpersonal Skill yang telah di-framing pada peserta diikuti dengan stimulasi proses pembelajaran yang menggunakan metode experiental learning dan mengacu pada pada konsep GRPI (GOALS – ROLES – PROCESS – INTERPERSONAL REALTIONSHIP).


GRPI Model adalah pendekatan pengembangan team yang di rancang oleh Richard Beckhard ; “Organizational Theorist”. Pada program kali ini, fokus intervensi pada area Interpersonal Relationship untuk membahas mengenai Komunikasi Asertif dan keterampilan membangun relasi/kolaborasi dalam tim.


Metode ini diisi dengan sebuah tahapan concrete experience dimana hal ini berarti ada sesuatu yang harus dilakukan oleh peserta training untuk memunculkan value baru sebagai learning point.


Training

Media pelatihan yang digunakan adalah Table Game yang telah dirancang khusus. Lagi-lagi, media pelatihan ini sangat interaktif ; semua peserta training terlibat dalam TableGame ini tanpa terkecuali. Terdapat sebuah proses pembelajaran yang mengharuskan tiap individu melakukan sebuah komunikasi kepada individu lainnya. Sehingga, memunculkan perilaku-periaku alamiah dalam berkomunikasi.


Training

Perilaku-perilaku alamiah yang muncul dari sessi pelatihan ini akan menjadi nilai observasi bagi fasilitator untuk dijadikan bahan feedback diakhir sessi. Debriefing session menjadi salah satu pondasi penting dalam kegiatan Training, untuk mendorong peserta dalam memahami framing & outcome dari pelatihan yang telah dilakukan.

18 tampilan
Artikel Terkait