top of page

Tiga Ide Konsep Raker Kantor Yang Partisipatif


konsep raker

Rpat kerja kantor selayaknya berjalan dua arah komunikasinya. Agar hal itu tercapai tentunya partisipasi seluruh yang terlibat dalam proses rapat harus terjadi dalam rapat, Maka konsep raker haruslah dirancang dengan baik agar partisipasi tersebut bisa tercapai. Membiarkan peserta rapat untuk tekun menyimak materi raker secara audio visual akan membuat partisipasi tersebut jadi rendah, Proses eksperiensial akan "menarik" peserta ke dalam dunia yang berlangsung dalam bahasa rapat. Proses eksperiensial tentunya tidak hanya memaksa menyimak substansi rapat secara audio visual namun aspek kinestetik akan benar-benar melibatkan peserta dalam storming yang mengasyikkan. Hal pertama buatlah peserta rapat tidak terbuai dalam rasa kantuk yang kerapkali menyerang dalam proses kegiatan rapat.


Ciptakan analogi-analogi yang memiliki relevansi kuat dalam substansi rapat kerja karena dengan analogi-analogi peserta akan mendapat trigger untuk menjalankan imajinasinya tentang apa yang menjadi topik bahasan dalam rapat. Tentunya konsep raker yang menghadirkan analogi-analogin ini akan mengusir rasa kantuk yang berpotensi menyerang peserta rapat. Analogi-analogi ini bisa dijadikan referensi untuk membangun konsep raper yang dipenuhi dengan partisipasi aktif peserta rapat


Armada kapal perang laut dalam raker CTI Group


Yang menjadi esensi dalam konsep raker ini adalah rintangan yang hadir dalam pelayan kapal perang di samudera sebelum akhirnya kapal tiba di pulau yang diimpikan bersama. Menghadari gelombang samudera yang ganas, badai hujan petir atau mungkin kawanan bajak laut adalah gimmick yang bisa diangkat sehingga storyline dalam konsep raker akan menlahitkan value positif bagi peserta. nilai-nilai ulet dan pantang menyerah (misalnya) bisa diterjemahkan oleh peserta raker berdasarkan pengalaman masing-masing. Tentu saja nilai - nilai ini harus direleksikan dan dimetaforakan peserta rapat dalam rangka peningkatan performa kerjanya


konsep raker

Pasukan romawi dalam raker dalam rapat kerja Manulife Indonesia


Apa sih yang tercermin dari sifat dasar seorang prajurit kerajaan romawi kuno ? Tentunya sikap lyalitas, ksatria bisa menjadi nilai-nilai yang dibangun dalam konsep raker ini, Anda harus memiliki data ataupun referensi yang kuat tentang prajurit kekaisaran romawi agar jalan cerita yang dibangun menjadi seolah nyata. Bukan malah jadi bahan cemooh dan tertawaan peserta rapat karena jalan cerita yang disuguhkan tidak berasa kenyataannya.


konsep raker

Perjalanan tim base ball menuju juara dalam raker Bank Mandiri


Beda lagi dengan dalam konsep raker Bank Mandiri, Nilai-nilai soliditas dan kekompakan menjadi menu utama suguhannya. Yang menjadi ciri khasnya adalah tiap sekuen acaranya dibungkus dengan mengedepankan aspek team buildingnya.


Tentu saja pekerjaan anda tak cuma selesai hanya dengan mentukan tema arau ambiancenya. Tahap berikutnya turunan produksi harus disiapkan agar analogi yang dibangun sesuai konsep rapat kerja ini menjadi tantangan berikutnya seperti membuat panggung yang sesuai tema, konten multimedia ataupun menentukan talent yang terlibat dalam konsep raker ini, Semua disiapkan bertujuan agar jalan cerita dalam konsp raker ini menjadi senyata mungkin. Karena bila tidak pendekatan experiential learning dalam konsep raker jenis ini akan terkesan jayus dan cenderung seolah maksain.

14 tampilan

Commentaires


Artikel Terkait
bottom of page