top of page

Potensi Experiential Tourism Minang Yang Pas Buat Corporate Trip


corpoarte trip

Experiential tourism, atau turisme pengalaman, merupakan salah satu tren terbaru dalam industri pariwisata. Konsep ini menekankan pada pengalaman yang mendalam dan berarti bagi wisatawan, daripada sekadar melihat-lihat tempat wisata atau melakukan aktivitas yang umum dilakukan oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kelebihan dari experiential tourism yang membuatnya semakin populer di kalangan wisatawan.


Salah satu kelebihan utama dari experiential tourism adalah pengalaman yang unik dan berbeda dari yang biasa. Wisatawan tidak hanya melihat-lihat atau mengunjungi tempat-tempat wisata populer, tetapi mereka benar-benar terlibat dalam aktivitas yang jarang dilakukan oleh orang lain. Misalnya, mereka bisa belajar memasak makanan tradisional dengan penduduk lokal, mengikuti kegiatan pertanian, atau bahkan tinggal di desa-desa terpencil untuk merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Pengalaman ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk benar-benar merasakan budaya dan gaya hidup yang berbeda.


Sumatera Barat memiliki segudang potensi experiential turism yang membuat wisata di Minangkabau menjadi hal yang berbeda dari kebayakan. Bila pengemasan potensinya dilakukan dengan pas, potensi-potensi ini cocok sekali dihadirkan dalam corporate trip Karena selain "plesiran" nilai-nilai pengalaman yang dialami oleh peserta bisa digunakan sebagai media pembelajaran yang asyik buat peningkatan kapasitas diri,


Dalam corporate trip berbasis experiential tourism di Sumatera Barat ada beberapa hal unik yang nisa dialami langsung oleh peseta

corporate trip

Offroad susur sungai


kenapa kita bahas hal ini dulu sebagai pembuka ? karena dengan menggunakan media transportasi ini bverbagai macam potensi yang biasanya ada dipelosok dapat kita akses dengan mudah. Keseruan corparate trio dalam kegiatan ini gak usah diraguin lagi, kamu kebayangkan menyusui sungai menggunakan mobil ini ? siap-siap saja pakaian yag kamu gunakan. sudah pasti basah tentunya.

corporate trip

Silek lanyah


Silek lanyah atau silat lumpur adalah bela diri yang berasal dari minangkabau tepatnya di Desa Kubu Gadang Padang Panjang. Pertunjukan seni ini biasanya diadakan setelah panen sawah. Gerakan yang diperagakan dalam silek lanyah merupakan turunan dari gerakan pencak silat. Biasanya diadakan di waktu akan membajak sawah sesuah panen raya, walaupun begitu jika dilihat dari tempat atau medannya, akan ada sedikit perbedaan dalam langkah atau gerak dari silek tersebut. Aksi Silek lanyah ini di tampilkan oleh pemuda-pemudi di kampung setempat yang peduli dengan kearifan lokal. Walaupun terlihat sederhana, tantangan bersilat dalam medan kubangan tentu sangat sulit dan berat. Nah seni silek anyah dapat diikuti secara interaktif di Desa Wisata Kubu Gadang sebagai salah satu atraksi wisata unggulan di desa tersebut.

corporate trip

Kilang tebu tradisional


Pernah menyaksikan kilang tebu tradisional dengan kerbau sebagai penggeraknya. Disini gak cuma menyaksikan saja, kamu bisa mendapatkan pengalaman langsung untuk turut mengoperasikan kerbau tersebut sebagai penggerak utama kilang tebu tradisional tersebut. Bahkan hasil proses klang tebu tersebut bisa kamu bawa pulanng sebagai oleh-oleh. unik kan corporate trip dengan konsep ini ?

corporate trip

Workhop membuat rendang


Rendang adalah kuliner asli asal Minangkabau, Sumatra Barat. Orang Minang menyebut kuliner ini dengan nama "randang". Asal katanya dari marandang, yang berarti memasak santan hingga kering secara perlahan. Rendang perlu dimasak lama hingga kuahnya kering. Dalam catatan sejarah, tidak banyak bukti tertulis ditemukan. Namun jika merunut dari adat, makanan rendang telah ada di setiap upacara adat Minangkabau yang sudah berlangsung sejak berabad-abad lalu. Menurut sebuah catatan tertulis abad ke-19, disebutkan bahwa rendang muncul pada abad ke-16. Kala itu, orang Minang suka bepergian ke Selat Malaka dan Singapura. Perjalanan lewat jalur air dan memakan waktu hingga sebulan atau lebih. Karena tidak ada tempat untuk kapal singgah, maka perantau menyiapkan makanan tahan lama yakni rendang.


proses mengolah makanan "santan kering" in bisa kamu ikuti dengan interaktif. tinggal pilih mana bahan utana yang akan digunakan. lebih suka kacang atau daging sapi ? diakhir kegiatan ini tentunya kamu akan bawa pulang rendang yang kamu buat sebagai oleh-oleh

corporate trip

Tari piring


Kebayang gak berapa buah piring yang akan pecah billa kamu yang menarikannnya ? Berlatih tari ini bakal seru banget namun bukan soal piring yang dipecahkan tapi filosofi dari esensi tarian ini yang dapat kami jadikan refrensi dalam meningkatkan kualitas cara kamu bekerja dalam perusahaan.

corporate trip

Dolphin Watching


Gak cuma di daratan, corporate trip dengan wisata eksperiensial minangkabau juga bisa dilakukan di lautan. atraksi wisata dolphin watching menjadi atraksi wisata unggulannya. Sebuah keunikan bisa kita saksikan yaitu melihat langsung sekawanan lumba-lumba langsung dihabitat aslinya.


experiential tourism menawarkan banyak kelebihan bagi wisatawan. Dengan pengalaman yang unik dan berbeda, keterlibatan budaya yang mendalam, dampak positif bagi ekonomi lokal, pengetahuan dan pengalaman yang diperkaya, serta promosi konservasi lingkungan, experiential tourism semakin populer di kalangan wisatawan. Dengan demikian, penting bagi pemerintah dan pelaku industri pariwisata untuk terus mengembangkan konsep ini dan mempromosikannya sebagai alternatif yang menarik dalam menikmati keindahan dan kekayaan budaya Indonesia


16 tampilan

Comments


Artikel Terkait
bottom of page