top of page

Fun Game Ini Sarat Dengan Muatan Kerjasama Tim


fun game

Pernah gak fun game di event perusahannu ditujukan untuk peningkatan keterikatan antar orang yang terlibat dalam perusahaanmu ? Dilihat dari dasar katanya memang fun game memiliki aktifitas dasar dari kegiatan bermain. Namun untuk menjadikan fun game memiliki manfaat untuk menaikkan tingkat soliditas dalam kelompok yang dalam hal ini adalah perushaaan, maka aktifitas bermain ini harus dirancang memenuhi aspek intektualitas dan melahirkan rasa yang mampu "mengikat" rasa setiap orang dalam kelompok. Permainan yang justru menganakkkan orang dewasa nampaknya harus dihindari bila memang fun game yang dimaksud mesti mampu menaikkan engagement orang dalam sebuah kelompok


jenis fun game yang satu ini perlu dieksplor lebih jauh lagi untuk mencapai engament yang dimkasud. fun game ini menggunakan alat perkusi (alat musik tabuh) untuk mencapai tujuan itu. Perkusi adalah alat musik yang akan terdengar indah bila dimainkan bersamaan dengan kehadiran alat yang lain. inilah metafora dari fun game yang diciptakan menggunakan harmonisasi alat ini.

fun game

Terjadinya harmonisasi dalam fun game ini dari penggunaan jenis alat yang diunakan. adanya jimbe, rebana, kentongan bambu, tamborin dan lain-lain akan menghadirkan tantangan tersendiri. Semakin banyak jenis alatnya kan semakin berdinamika kelompok. Setiap pemain untuk satu jenis alat mesti menyusun patternnya sendiri, Dinamika ini yang dijadikan analogi untuk menyatukan ritme seluruh anggota tim. Keindahan pattern sebuah alat tentunya memiliki tantangan tersendiri bila dikolaborasikan dengan keindahan pattern alat lain.


Semestinya sih dalam fun game ini tetabuhan yang terjadi akan terdengar indah bila setiap alat "berfungsi" dan menjalankan peran sesuai pattern dan waktu yang telah disepakati dalam rencana.

fun game

Dalam fun game melalui media perkusi, Jemari acapkali menanmbahkan dinamikanya dengan mengkominasikannya dengan olah vokal dan olah gerak. Tantangannyapun menjadi semakin kompleks. Namun hal ini berarti semakin tinggi dinamika yang dihadapi pesserta dalam aksinya. Hal ini berarti pula banyak hal yang perlu diperhatikan peserta untuk mencapai harmonisasi yang diharapkan, Berarti pula semakin beragam pembelajaran yang didapat peserta untuk dilanjutkan menjadi proses pembelajaran dalam konteks sebuah kesadaran untuk menjadi anggota tim yang baik.

fun game

Tantangannya bermula dari harmonisasi yang diciptakan dalam sebuah kelompok yang lebih kecil berujung pada harmonisasi yang tercipta dalam anntar kelompok kecil. jadi alur permainannya benar-benar sangat relevan dengan alur yang terjadi dalam proses berorganisasi. Disinilah terdapat pancingan pembelajaran yang baik dalam fun game dalam konteks kerjasama dalam sebuah kelompok. Fun game meang seharusnya seperti ity, Fun game dilakukan tidak semata bermain naum harus memberikan manfaat yang baik. Bukan fun game yang justru menganak-anakkan orang dewasa,

5 tampilan

Komentarze


Artikel Terkait
bottom of page