Jemari Kelola Rapat Online Kemenkeu


Jemari mendapatkan kesempatan kembali menjadi penyelenggara rapat online Kementerian Keuangan RI. Kali ini Sekretariat Jenderal Kemenkeu RI yang menggelar acara rapat online pada tanggal 27 - 28 Agustus 2020. Rapat online ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI, Hadiyanto, dan diikuti oleh sekitar 140 orang pejabat eselon di lingkungan kerja Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia.


Rapat online berdurasi dua hari ini merupakan rangkaian dari peringatan Tonggak Sejarah (ulang tahun) Sekretariat Jenderal Kemenkeu ke-75. Selain rapat online ada tiga kegiatan lain dalam rangkaian ulang tahun ini yang juga dikelola oleh Jemari yaitu webinar, virtual expo serta puncak peringatan yang akan dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.


Rapat online menjadi salah satu opsi memenuhi kebutuhan komunikasi organisasi dalam masa adaptasi kebiasaan baru. Pemenuhan kebutuhan komunikasi ini tentunya tidak sekedar memindahkan pola pertemuan dari tatap muka menjadi "jarak jauh" saja. Banyak hal yang memerlukan pengelolaan yang tepat agar rapat online mampu mengantarkan muatan komunikasi sesuai kebutuhan.


Pemilihan platform aplikasi rapat online menjadi sebuah hal penting karena pengelola rapat harus mahir menguasai pengoperasian aplikasi yang dipilih. Penguasaan yang tidak maksimal tentang pengoperasian aplikasi rapat online akan memunculkan gangguan-gangguan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Gangguan-gangguan ini tentunya akan mengganggu fokus dan mood peserta rapat online. Dalam rapat online Setjen Kemenkeu ini dipilih platform zoom sebagai aplikasi rapat online. Empat orang operator zoom yang telah dibekali secara teknis bertugas untuk mengoperasikan perangkat lunak ini.


Mengikuti sessi rapat online berdurasi dua hari dengan topik-topik serius tentunya berpotensi memunculkan kejenuhan dan ketidakfokusan peserta rapat online. Kondisi ini bisa dipastikan akan menghambat tersampaikannya muatan rapat online kepada peserta rapat online. Hal ini membutuhkan pengelolaan yang baik melalui penyusunan konsep kreatif untuk rapat online. Konsep kreatif yang menarik dan pas tentunya akan mampu membantu peserta rapat online melewati kebosanan-kebosanan yang mungkin muncul.


Jemari mengandalkan sisipan sessi-sessi dengan pendekatan eksperiensial dalam setiap konsep rapat online yang diajukan kepada kliennya. Pendekatan eksperiensial ini terbukti mampu membawa peserta rapat online dapat mengikuti setiap sessi rapat online dengan sangat partisipatif.


Teknik lain yang digunakan agar peserta rapat online terhindar dari kejenuhan dan ketidakfokusan adalah dengan membuat rundown yang kombinatif. Topik materi rapat online jangan "ditumpuk-tumpuk" dalam rangkaian yang tidak terputus. Memutus topik rapat sejenak dengan topik lain tentunya akan menghadirkan refreshing peserta rapat online sehingga tidak terjadi kehabisan energi saat mengikuti rapat. Menyisipkan seorang motivator yang inspiratif atau menghadirkan stand up commedian yang mampu membawakan konten jenaka yang memiliki relasi dengan materi rapat merupakan ide brillian guna tetap menjaga suasana rapat online tetap kondusif dan renyah untuk dinikmati

13 tampilan

ARTIKEL TERKAIT

 PT Jemari Tiga Sinergi -  Ruko Pesona Madani, Jalan Keadilan kav A-16, Depok 16434.

Phone [62-21] 77889136 | Mobile 082112225630

 member of