top of page

Outbound Panahan Media Efektif Character Building


outbound panahan

Character building adalah proses pembentukan karakter yang kuat dan positif pada individu. Hal ini sangat penting untuk menciptakan individu yang memiliki nilai-nilai moral yang baik, sikap yang positif, dan kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu media yang efektif dalam pembentukan karakter adalah outbound panahan.


Outbound panahan adalah kegiatan yang melibatkan menggunakan busur dan anak panah untuk membidik target yang telah ditentukan. Kegiatan ini tidak hanya melatih keterampilan fisik, tetapi juga mengembangkan karakter individu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa outbound panahan efektif sebagai media character building.

outbound panahan

1. Fokus dan Konsentrasi

Outbound panahan membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Individu harus memusatkan pikiran dan mengendalikan emosi mereka saat membidik target. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan seseorang untuk fokus pada tujuan mereka dalam kehidupan dan mengatasi distraksi yang mungkin muncul.


2. Disiplin

Dalam outbound panahan, individu harus mengikuti aturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Mereka harus belajar untuk menghormati instruktur dan mengikuti petunjuk dengan baik. Hal ini membantu mengembangkan disiplin yang penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti kepatuhan terhadap jadwal, tugas, dan tanggung jawab.


3. Ketekunan dan Kemandirian

Outbound panahan adalah kegiatan yang membutuhkan latihan yang berkelanjutan. Individu harus bersabar dan tekun dalam mengembangkan keterampilan mereka. Mereka juga harus belajar untuk mandiri, mengatur waktu mereka sendiri, dan berusaha untuk terus meningkatkan kemampuan mereka. Hal ini membantu mengembangkan ketekunan dan kemandirian yang penting dalam mencapai tujuan hidup.


4. Kepercayaan Diri

Outbound panahan membantu meningkatkan kepercayaan diri individu. Ketika seseorang berhasil membidik target dengan baik, mereka merasa percaya diri dan bangga dengan pencapaian mereka. Hal ini memberikan dorongan positif pada kepercayaan diri mereka dan membantu mereka menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri.

outbound panahan

5. Kerjasama Tim

Outbound panahan juga melibatkan kerjasama tim. Individu harus belajar untuk bekerja sama dengan anggota tim lainnya untuk mencapai tujuan bersama. Mereka harus berkomunikasi dengan baik, mendengarkan, dan saling mendukung. Hal ini membantu mengembangkan keterampilan kerjasama yang penting dalam kehidupan sosial dan profesional.

outbound panahan

Dari aktifitas memanah yang telah dilakukan nilai-nilai pengalaman akan dialami oleh pseserta kegiatan. Saatnya kita memaknai nilai pengalaman yang muncul tersebut. Sebuah proses diskusi dalam debrief akan membantu peserta kegiatan menemukan insight dari aktifitas yang baru sja dilalkukannya. Kemampuan fasilitator akan berpengaruh besar untuk menemukan korelasi dari kegiatan outbound panahan dengan nilai-nilai yang berlaku dalam dunia kerja keseharian


Dalam kesimpulannya, outbound panahan adalah media yang efektif dalam pembentukan karakter. Melalui kegiatan ini, individu dapat mengembangkan fokus, konsentrasi, disiplin, ketekunan, kemandirian, kepercayaan diri, dan keterampilan kerjasama tim. Oleh karena itu, outbound panahan dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan karakter individu dan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

9 tampilan
Artikel Terkait
bottom of page