Outbound Jogja Berkonsep Unik


outbound jogja

Seni dan budaya jogja dikemas jadi konsep outbound jogja yang unik. Pernah terbayangkah ? Konsep outbound jogja biasanya dikemas relatif sama dengan konsep outbound pada umumnya di Indonesia yang banyak dihantarkan melalui permainan-permainan kelompok. Dalam beberapa kali pelaksanaan team building di Jogja, Jemari berhasil merancang konsep outbound jogja yang lain dari biasanya. Dengan kekhasan kota jogja, konsep outbound jogja "dikulik" Jemari dengan mengangkat seni dan budaya Jogja menjadi media aktifitas dalam konsep outbound jogja yang juga melalui pendekatan experiential learning.


Biasanya dalam kegiatan team building dihadirkan simulasi-simulasi eksperiensial berupa games-games yang mengandung sarat makna bagi internalisasi nilai-nilai kerjasama tim. Namun tidak demikian dengan konsep outbound jogja yang satu ini. Jemari tidak menghadirkan games-games dalam konsep outbound jogja rancangannya. concrete experience dihadirkan untuk menggali nilai-nilai kerjasama tim melalui seni dan budaya tradisional jogja.


outbound jogja

Dalam program sekuennya, seperti halnya konsep outbound pada umumnya, akan dibentuk kelompok-kelompok peserta yang akan berdinamika menemukan nilai-nilai kerjasama tim melalui permainan. Dalam konsep outbound jogja berbasis seni budaya ini para peserta dalam tiap kelompok akan diajak mendapatkan pengalaman nyata beraktifitas seni budaya seperti jathilan, gamelan jawa, wayang orang atau kesenian dan budaya lainnya. Misi yang ditempuh tiap kelompok adalah mempersiapkan sebuah penampilan kesenian tertentu.


Dengan misi tersebut. diharapkan muncul nilai-nilai dari pengalaman seni budaya dalam konsep outbound jogja ini yang memiliki konteks dalam soliditas kerjasama tim kerja dalam perusahaan.


Sessi exercise ini bisa dilanjutkan / dikorelasikan dengan sessi lain. Gala Dinner misalnya. Hasil exercise bisa ditampilkan dalam sessi gala dinner sambil juga digelar sessi debriefing yang akan membahas makna dan nilai-nilai yang muncul dalam dinamika kelompok ssat exercise.

Karena konsep outbound jogja ini sangat khas, sebaiknya lokasi yang digunakan saat exercise juga punya tingkat kekhasan yang sama. Biasanya, Jemari membuat konsep outbound jogja ini menjadi lebih kuat dengan memilih desa sebagai lokasi yang khas untuk konsep outbound jogja ini. Menempuh misi kelompok di rumah joglo atau di halaman rumah-rumah penduduk desa tentunya akan menampah kuat atmosfir dari program. Program jadi lebih memorable


outbound jogja

Dengan kosnep outbound jogja yang sangat khas ini, bisa ada tambahan aktifitas yang relevan loh kak. Karena lokasinya dipedesaan, maka dalam konsep outbound jogja ini kita dapat menyisipkan satu tambahan aktifitas yang khas dan menyenangkan. Kegiatan trip mengeksplorasi desa bisa memperkuat konsep outbound jogja ini. Moda transportasi harus disesuaikan dengan atmosfir tradisional secara keseluruhan.


Kita bisa menggunakan moda transportasi yang tradisional juga. Misalnya sepeda onthel. Atau pedati sapi ? Unik kan ?

5 tampilan
Artikel Terkait