top of page

Eksotis, Spot Event Di Prambanan


event di prambanan

Pernah dengar yang namanya Prambanan Jazz Festival yang ngehits itu ? ya itu loooh pagelaran musik jazz rutin tahunan yang sering menghadirkan musisi nasional papan atas atas dan juga musisi internasionalnya juga, Atau pernah dengar event di prambanan yang rutin digelar pengelola prambanan untuk menarik wisatawan, namanya Sendratari Ramayana Dan Roro Jonggrang ? Kedua event yang tadi disebutkan tadi adalah event yang diselenggarakan di area-area lapangan terbuka didalam kawasan candi prambanan.


Apa keunikan yang bisa didapatkan dari penyelenggaraan event di prambanan ? yang pasti dan yang paling utama adalah view yang dihasilkan dari lokasi terutama bila event di prambanan diselenggarakan saat malam hari. Pemandangan yang dihasilkan begitu eksotismenya. Candi-candi beserta tata cahaya disekitarnya mampu menyajikan latar belakang yang eksotis, terutama bila event di prambanan tersebut digelar menggunakan panggung utama.


Tak hanya malam hari, event di prambanan juga tetap indah diselenggarakan pada siang hari tergantung dari jenis eventnya. Ada beberapa area yang diperkenankan oleh pengelola bagi kita untuk menggelar event di prambanan.


  1. Taman Candi Sewu

Taman candi sewu bisa menjadi salah satu pilihan area buat menggelar event di prambanan. Dengan berlatar belakang candi sewu, area event di prambanan ini dapat menampung 300 orang dengan formasi berdiri atau 100 orang dengan format round table


2. Angsa Mandala

angsa mandala

lapangan ini berada di sisi selatan candi prambanan dan merupakan merupakan salah satu venue yang terletak paling dekat dengan Jalan Raya Jogja-Solo. Berada di sisi selatan Candi Roro Jonggrang, kegiatan yang diadakan di Angsa Mandala akan terlihat meriah dan menarik perhatian orang-orang yang melintasi Jalan Raya Jogja-Solo.


Lapangan ini mampu menampung 1000 orang dengan formasi berdiri atau 350 orang dalam format round table.


3. Taman Agastya Prambanan

Terletak di sebalah barat daya Candi Roro Jonggrang, Taman Agastya memberikan suasana asri dengan dihiasi pepohonan dan dekat dengan sungai. Lahannya yang luas cocok digunakan untuk mengadakan berbagai kegiatan seru seperti outbound atau corporate gathering.


Dalam formasi berdiri, taman agastya mampu menampung 300 orang peserta, sedangkan bila menggunakan round table, venue event di prambanan ini cukup untuk 100 orang peserta.


4. Rama Shinta Camping Ground


event di prambanan

Rama Shinta Camping Ground merupakan lahan khusus yang digunakan untuk kegiatan berkemah. Berada di dekat sungai dan dikelilingi oleh pepohonan di sekitar lahan, membuat suasana alam semakin natural. venue event di prambanan memiliki dimensi 120 x 130 m


5. Garuda Mandala

Berada di sebelah tenggara Candi Borobudur, Garuda Mandala merupakan salah satu venue yang strategis karena berada dekat dengan loket tiket masuk, tempat parkir, information center dan toko souvenir. Dengan lahan yang luas dan berada dekat dengan candi, Garuda Mandala membuat suasana event menjadi lebih megah. Area ini memiliki dimensi 110 x 100 m


6. Siwa Mandala

event di prambanan

Rasakan kemegahan pada perayaan event dari sisi utara Candi Roro Jonggrang. Sesuai dengan nama candi yang paling besar pada Candi Roro Jonggrang, Siwa Mandala merupakan salah satu lahan terbesar di kawasan Prambanan Park. Dengan latar belakang Candi Roro Jonggrang yang megah, Siwa Mandala siap untuk mengakomodasi kebutuhan beragam event. Area ini memiliki dimensi 120 x 130 m


7. Wisnu Mandala

Nikmati keistimewaan pemandangan kompleks Candi Roro Jonggrang dari jalur masuk utama. Wisnu Mandala berada segaris di sebelah timur Candi Wisnu dan Candi Garuda, sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati keseluruhan bangunan kompleks Candi sebagai background.

8. Brahma Mandala

event di prambanan

Lapangan yang luas di sebelah utara kompleks Candi Roro Jonggrang, memungkinkan Anda mmendapatkan background pemandangan kompleks Candi Roro Jonggrang yang jelas dan utuh. Anda bisa menikmati kemegahan arsitektur Candi Prambanan yang tampak menyatu bila dipandang dari Brahma Mandala. Area ini mampu menampung 5000 orang (standing) atau 1000 orang (round table)

Untuk dapat menyelenggarakan event di spot-spot di atas tentu saja kita harus memerlukan reservasi terlebih dahulu. Namun yang lebih penting, karena area ini merupakan cagar budaya, maka kita juga harus menempuh rekomendasi izin dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI.

16 tampilan

Comments


Artikel Terkait
bottom of page