Konsep Rapat Kerja Ini Asyik, Gak Bikin Boring

Jemari berkesempatan merancang dan mengeksekusi konsep rapat kerja untuk Wealth Management Group PT Bank Mandiri (persero) Tbk pada tanggal 12 April 2019 di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta.  Saat menerima brief untuk penyusunan konsep rapat kerja ini, salah satu latarbelakangnya adalah banyaknya generasi millennials yang akan menjadi peserta rapat. Sehingga Jemari dituntut untuk memunculkan ide segar untuk konsep rapat kerja yang tidak statis, lepas dari kekakuan suasana formal namun tetap dapat mampu men-deliver substansi materi rapat.

 

"Pemilihan tema dan ambiance yang tepat menjadi kunci penentu keberhasilan rancangan konsepnya", ungkap Bang Jaung, Managing Director Jemari. Bang Jaung melanjutkan keterangannya bahwa akhirnya tema yang diangkat adalah millenials & casual. Konsep rapat kerja dibentuk dengan menghadirkan suasana yang tidak kaku baik dari sisi produksi maupun konten programnya.

 

Suasana yang formal dan kaku dieliminir seminim mungkin dalam konsep rapat kerja yang dihadiri oleh kurang lebih 120 orang peserta ini. Format round table yang kerapkali terlihat dalam sebuah konsep rapat kerja digantikan dengan format dan layout kursi dan meja yang disusun menyerupai cafe. Ragam bentuk properti tempat duduk disusun menjadi sebuah kombinasi yang asyik dan tidak membosankan 

 

Panggung menjadi titik sentral perhatian seluruh peserta yang hadir dalam rapat kerja ini. LED screen berukuran 8x4 meter menjadi latarbelakang panggung secara penuh yang mampu menampilkan visualisasi dinamis dari materi-materi dan substansi yang akan ditampilkan untuk seluruh peserta rapat. "Untuk para pemapar, di atas panggung tidak diletakkan podium untuk menghindari kesan kaku, sehingga para pemapar bisa lebih rileks dalam paparannya", jelas Bang Jaung. Dengan suasana yang lebih rileks, feel yang tercipta adalah tidak terciptanya "jarak" antara pemapar dan audience.

 

Tidak hanya dari sisi produksi, konten program pun dirancang sedemikian rupa dengan maksud agar materi dan substansi rapat dapat terdistribusi dengan baik dalam suasana yang asyik. Dalam konsep rapat kerja ini,  materi dan substansi rapat tidak melulu disampaikan dengan teknik paparan satu arah saja. Teknik menyampaikan materi dan substansi dalam konsep rapat kerja ini juga disampaikan melalui games dan kuiz menarik yang melibatkan peserta rapat secara aktif. Keseruan yang muncul dalam teknik ini tentunya diharapkan mampu membuat materi dan substansi lebih mudah dicerna oleh seluruh peserta rapat kerja.

 

Wrap up session yang menjadi puncak sessi rapat kerja disampaikan melalui pendekatan experiential activity. Dengan pendekatan ini summary dari seluruh materi dan substansi dapat dikombinasikan dengan aktivitas team engagement yang mampu membangun kesadaran peserta rapat kerja bahwa pencapaian seluruh komitmen yang lahir dalam konsep rapat kerja ini hanya akan terjadi bila seluruh peserta rapat bergerak sebagai bagian dari sebuah tim yang solid.  

 

Dalam konsep rapat kerja ini juga dihadirkan beberapa games corner yang dapat dinikmati oleh peserta rapat saat waktu rehat antar sessi rapat kerja. Tidak hanya sekedar bermain, games corner ini mampu menjadi pencair suasana bagi peserta rapat kerja yang datang dari berbagai kantor cabang di seluruh penjuru tanah air.  

 

 

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT

Please reload

 PT Jemari Tiga Sinergi -  Ruko Pesona Madani, Jalan Keadilan kav A-16, Depok 16434.

Phone [62-21] 77889136 | Mobile 082112225630

 member of