Konsep Team Building Donggi Senoro, Unik !

Konsep team building dengan pendekatan metode experiential learning sangat memungkinkan menggunakan banyak media. Karena sejatinya metode experiential learning sangatlah luwes untuk digunakan untuk mencapai objektif dari sebuah kegiatan, termasuk untuk konsep team building yang banyak diselenggarakan oleh berbagai korporasi di Indonesia.

 

Salah satunya adalah konsep team building yang dirancang Jemari untuk Donggi Senoro LNG. Dalam sebuah kesempatan rapat kerja, Donggi Senoro menyisipkan sessi team engagement untuk meningkatkan kekerabatan diantara peserta rakernya. Tetap dengan pendekatan experiential learning berkarakteristik rekreasional, konsep team building yang digulirkan menggunakan media permainan tradisional Indonesia.

 

Experience value yang akan menjadi learning point dalam konsep team building ini dimunculkan melalui dinamika kelompok dalam beberapa permainan tradisional yang sarat dengan nilai-nilai team work. "Aspek rekreasi dan edukasi terjaga seimbang dalam konsep team building ini", ujar Bang Jaung, Managing Director Jemari Tiga Sinergi yang kerapkali merancang konsep team building unik untuk klien-klien Jemari Tiga Sinergi.

 

Bang Jaung menambahkan bahwa dalam konsep team building ini, team work insighting diangkat dengan terlebih dahulu mengajak peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok untuk beraktifitas untuk menghadirkan masalah yang harus dipecahkan melalui permainan tradisional tersebut. Dalam proses memecahkan masalah itulah diharapkan terjadi dinamika antar peserta kelompok sehingga memunculkan sebuah pengalaman dalam diri anggota kelompok tentang bagaimana mengaktualisasikan dirinya dalam proses pemecahan masalah. 

 

Ternyata, rancangan konsep team building melalui permainan tradisional ini tidak hanya mampu berbicara soal nilai-nilai kerjasama tim saja. Kearifan lokal yang terkandung dalam budaya Indonesia ini mampu memberikan penanaman karakter kebangsaan kepada para peserta kegiatan. 

 

" Kita seolah-olah diajak menyelami suasana indahnya kebersamaan masa kecil bersama teman-teman sepermainan dulu", ungkap salah seorang peserta kegiatan dari Donggi Senoro LNG saat menceritakan kesannya tentang konsep team building ini. Suasana penuh dengan kebersamaan dan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa ini hadir dalam kearifan lokal yang hadir melalui permainan-permainan dalam konsep team building ini. "Pokoknya Indonesia banget", kata peserta tersebut.

 

Jemari memang kerapkali terlihat gemar memasukkan nuansa ke-Indonesia-an dalam banyak penyusunan konsep team building bagi klien-kliennya. Bahkan rancangan konsep team building dengan muatan tradisional Indonesia menjadi salah satu program unggulan Jemari yang diminati oleh para pengguna jasanya. Sebutlah kesenian tradisional, kuliner tradisional, moda transportasi tradisional, busana tradisional dan permainan tradisional sering sekali muncul dalam konsep team building yang diselenggarakan oleh Jemari.

 

Konsep team building melalui permainan tradisional untuk Donggi Senoro ini diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama Komunitas Hong Bandung. Dua keahlian menjadi satu untuk menghadirkan proses pembelajaran melalui pengalaman baru bagi peserta team building Donggi Senoro LNG. Komunitas Hong dengan konsistensinya melestarikan budaya permainan tradisional Indonesia, dan Jemari dengan kompetensinya dalam kepemanduan melalui metode experiential learning.

 

 

 

 

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT

Please reload

 PT Jemari Tiga Sinergi -  Ruko Pesona Madani, Jalan Keadilan kav A-16, Depok 16434.

Phone [62-21] 77889136 | Mobile 082112225630

 member of