Capacity Building Kominfo Bertualang Di Ciwidey

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar kegiatan capacity building yang diikuti kurang lebih 450 orang pegawai negeri di lingkungan Ditjen PPI Kominfo RI. Acara yang terbagi dalam 2 batch kegiatan ini memilih kawasan Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat sebagai lokasi capacity building ini. Batch pertama dari capacity building yang berfokus pada tema solidaritas dan soliditas ini diselenggarakan pada tanggal 26-28 April 2018. Hotel yang terpilih untuk program capacity building ini adalah Ciwidey Valley Resort.

 

Konsep capacity building PPI Kominfo dirancang melalui berbagai experiential activity dalam mencapai sasaran capacity building yaitu meningkatkan solidaritas dan soliditas antar pegawai di lingkungan Ditjen PPI. Sessi team building dominan menjadi konten kegiatan capacity building yang dibuka oleh Dirjen PPI, Ahmad M. Ramli. Team building dalam capacity building PPI kominfo ini menggunakan skenario movie experience dimana peserta capacity building diajak menggali nilai-nilai soliditas tim dalam kegiatan membuat film pendek.

 

Team building dalam capacity builidng PPI Kominfo juga dilakukan melalui beberapa kegiatan petualangan di kawasan Ciwidey.  Arung jeram salah satunya. Sebagian peserta capacity building PPI Kominfo mengikuti kegiatan arung jeram ciwidey yang disupport oleh Bale Bambu Adventure. Penyedia layanan arung jeram di ciwidey ini adalah anggota asosiasi yang sama dengan Jemari yaitu Asosiasi Experiential Learning Indonesia. Para peserta capacity building PPI Kominfo mengikuti pengaruhan sungai dengan jarak tempuh 5 kilometer dengan titik start di camp Bale Bambu Adventure

 

Sebagian peserta capacity building PPI Kominfo yang lain mengikuti kegiatan petualangan jenis yang lainnya yaitu offroad di kawasan Rancabali.  Sebanyak 20 unit jeep landrover meliak-liuk di track offroad yang mengelilingi Rancabali Glamping Lakeside mengantarkan peserta capacity building PPI Kominfo menikmati sessi team building melalui konsep kegiatan petualangan ini. Jalur yang ditempuh dalam kegiatan offroad ini bervariasi mulai dari area kebun teh, hutan hujan tropis dan area pinggiran danau. Tampak seluruh peserta capacity building PPI Kominfo begitu antusias mengikuti sessi yang memiliki unsur wisata dan edukasi ini.

 

Rangkaian sessi team building dalam kegiatan capacity building PPI Kominfo ditutup dengan sebuah skenario team building melalui kegiatan panahan. Archery Battle antar kelompok menjadi media penutup bagi peserta capacity building PPI Kominfo untuk lebih dalam menggali nilai-nilai soliditas melalui kegiatan ini.  Sama seperti kegiatan team building yang ada di program capacity building PPI Kominfo ini, peserta archery battle begitu antusiasnya dalam menempuh misi tarung panah ini. Terlihat dari seriusnya mereka membuat strategi memenangkan permainan hingga begitu militannya mereka untuk mengalahkan kelompok lawan dalam batlle panahan ini. 

 

Seluruh rangkaian kegiatan capacity building PPI Kominfo ini di tutup melalui sebuah malam kebersamaan yang mengangkat tema movie award night. Dalam sessi malam kebersamaan capacity building ini ditampilkan film-film pendek yang diproduksi oleh seluruh peserta dalam sessi kegitan team building sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT

Please reload

 PT Jemari Tiga Sinergi -  Ruko Pesona Madani, Jalan Keadilan kav A-16, Depok 16434.

Phone [62-21] 77889136 | Mobile 082112225630

 member of