Experiential Learning Dalam Capacity Building PT PPA

PT Perusahaan Pengelola Aset (persero) menggelar program capacity building yang diikuti oleh 46 orang karyawan dan karyawatinya.  Capacity Building diselenggarakan selama dua hari satu malam di The Paseban, Bogor, Jawa Barat. Sasaran yang ditetapkan dalam capacity building yang dikhususkan bagi karyawan dan karyawati baru PT PPA ini diletakkan pada pengenalan lebih jauh tentang PPA sehingga diharapkan para karyawan dan karyawati baru ini mampu mendayagunakan semua potensi dan sumber daya yang ada di perusahaan dalam rangka mengembangkan dirinya bersama PPA. 

 

Capacity building adalah hal yang terus menerus digulirkan oleh Human Capital PT PPA. " Experiential learning menjadi metode pendekatan dalam program capacity building ini ", ungkap Bang Jaung, Managing Director Jemari Tiga Sinergi yang bertindak sebagai Programmer dan Chief Facilitator dalam program capacity building PT PPA ini. Bang Jaung menambahkan bahwa sengaja menggunakan metode experiential learning dalam program capacity building ini mengingat metode ini dianggap efektif dan menarik untuk menyampaikan konten-konten dan materi capacity building kepada peserta yang mayoritas berusia muda ini. "Seluruh fasilitator dan pemateri yang terlibat dalam program capacity building PPA, 100% sudah memiliki sertifikasi kompetensi dalam kepemanduan experiential learning", tutur Bang Jaung yang juga sudah mengantongi sertifikasi fasilitator experiential learning.

 

Jemari telah banyak merancang program capacity building menggunakan skenario dan media yang menarik dan unik. Salah satu media yang digunakan dalam program capacity building PPA adalah menggunakan media kegiatan panahan.  Dalam sessi panahan yang menjadi sessi pembuka tahapan program capacity building ini, seluruh peserta diajak untuk membuat sebuah mind setting bahwa sumber daya bukanlah sebuah beban, namun lebih jauh dari itu, sumber daya merupakan alat yang harus didayagunakan untuk mencapai tujuan maksimal dalam pekerjaan. 

 

Muhammad Heydar, Founder BSD Archery Club yang menjadi mitra Jemari dalam sessi ini menyampaikan bahwa sumber daya adalah perpanjangan fikiran, perasaan dan anggota tubuh kita untuk mencapai tujuan yang kita tetapkan, termasuk tujuan dari kita bekerja dalam satu perusahaan. "manunggal lah dengan semua sumber daya yang ada", ujar Heydar yang juga telah mengantongi sertifikasi kepemanduan experiential learning.

 

Capacity building PPA juga menghadirkan sessi kelas yang menggali tentang perusahaan agar peserta mengenal lebih jauh tentang segala hal yang terkait perusahaan juga disampaikan menggunakan  pendekatan experiential learning. Yuniga Fernando, seorang asesor SKKNI fasilitator experiential learning yang menjadi pemateri dalam sessi kelas capacity building ini. Ega, begitu sapaan akrabnya, menggunakan tools Business Model Canvas menjadi media eksperiensial dalam sessi capacity building ini. Peserta diajak menyelami lebih jauh tentang perusahaan melalui sessi kelas capacity building ini. 

 

Sessi team building tak ketinggalan disuguhkan dalam program capacity building PPA. Dan lagi-lagi metode experiential learning digunakan sebagai pendekatannya.  Dua dari lima corporate value PPA yaitu team work & enterpreneurship menjadi menu utama. Sessi ini menjadi puncak dari program capacity building PPA setelah sessi-sessi sebelumnya yang berfokus pada peningkatan kapasitas personal. 

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT

Please reload

 PT Jemari Tiga Sinergi -  Ruko Pesona Madani, Jalan Keadilan kav A-16, Depok 16434.

Phone [62-21] 77889136 | Mobile 082112225630

 member of